Batu akik combong adalah jenis batu akik yang memiliki struktur fisik cukup unik karena batu tersebut memiliki lubang (combong) yang tembus dari sisi atas ke sisi bagian bawah, berbeda dari batu akik kebanyakan yang mulus dan tidak berlubang.

Sebetulnya secara fisik batu tersebut masuk dalam kategori cacat, namun kecacatan tersebut justru menjadi nilai tambah karena di anggap unik/langka atau karena dibumbui dengan hal-hal supranatural.

Lubang pada batu akik combong yang asli terbentuk karena proses alami karena adanya udara yang terjebak didalam batu saat terjadinya proses pembentukan dari batuan tersebut.

Biasanya batuan tipe tersebut terbentuk karena proses vulcanologi. Jadi bisa saja ada benda-benda yang terjebak didalamnya yang membuat strukturnya menjadi tidak sempurna/rapuh sehingga mudah berlubang ketika benda-benda yang terjebak didalamnya tersebut hancur/membusuk.

Batu akik combong umumnya dari jenis batu akik sulaiman, dan ada juga dari Jenis kecubung yang sering disebut sebagai kecubung combong tapi sangat jarang.

Mitos yang berkembang di masyarakat bahwa semua batu akik combong menyimpan tuah/khasiat tertentu, terutama untuk pelet/pengasihan. Mungkin hal itu ada benarnya, tapi tidak untuk semua jenis batu akik combong, karena untuk mencari batu akik combong yang benar-benar bertuah tidaklah mudah karena batu akik combong yang asli dan benar-benar berkhasiat harus di uji melalui serangkaian pengujian yang bersifat supranatural baru bisa diketahui apakah batu tersebut asli atau hanya batu akik biasa yang berlubang.

Jika hanya sekedar batu akik combong atau batu akik yang berlubang, kita bisa dengan mudah mendapatkannya dipasar batu akik, karena lubang/combong pada batu akik tersebut belum tentu asli karena proses alami. Kebanyakan adalah hasil campur tangan Manusia dengan cara melubanginya menggunakan kikir atau bor.

Kebanyakan penjual akan mengatakan bahwa batu akik combong yang dijualnya adalah batu akik combong asli. Tapi tidak ada salahnya jika kita menelitinya dulu sebelum kita membelinya karena saat ini kebanyakan yang dijual dipasaran adalah batu akik combong Aspal (Asli tapi Palsu).

Berikut ini beberapa ciri-ciri batu akik combong yang asli dan bertuah:

• Jika dipegang, batu terasa berat dan memiliki serat/urat batu.

• Jika diperhatikan, lubang tersebut bersifat alami, bukan dikikir atau dibor.

• Bagian dalam permukaan lubang terlihat kasar, dan biasanya berkapur/masih ada sisa-sisa batu cadasnya.

Batu akik combong yang asli dipercaya memiliki tuah khusus pengasihan yang bersumber dari makhluk gaib/khodam yang bersemayam di dalam batu tersebut.

Menurut cerita, bahwa di jaman Wali Songo, batu akik combong awalnya digunakan sebagai pengukur waktu/jam untuk menentukan waktu sholat 5 waktu.

Batu akik combong pada masa itu disebut dengan nama Tuloq Ukur (Batu Pengukur). Batu combong dipergunakan sebagai penentu waktu dengan cara melihat sinar Matahari yang masuk lewat lubangnya.

Tapi setelah ditemukan cara lain yang lebih simple tentang penentuan waktu, batu combong beralih fungsi menjadi batu kecil lewat asahan tangan para Wali yang menyebutnya dengan nama Angkik Jawa Sih Pingalem (Akik Jawa yang disukai).

Mungkin dari asal nama inilah, sehingga batu ini memiliki tuah atau energi yang sesuai dengan namanya. Apalagi yang memberi nama adalah seorang Wali yang memiliki kharomah.

Jadi, jangan mudah percaya jika ada yang menawarkan batu akik combong yang dikatakan memiliki tuah pengasihan. Karena untuk mendapatkan batu akik yang hanya berlubang saja sangatlah mudah, dan harganya juga murah. Kita cukup pergi ketempat penjual batu akik, pasti mereka punya batu akik combong yang dijual sebagai batu akik biasa dengan harga sesuai pasaran. Lain halnya kalau yang menjual adalah seorang paranormal yang menjual batu akik combong tersebut sebagai jimat, tentu harganya menjadi fantastis karena yang dijual bukanlah batunya, melainkan tuah yang dikatakan ada pada butu akik combong tersebut.
Ciri-ciri batu akik combong yang asli serta khasiatnya